mari belajar himpunan

jangan tanya kenapa tiba-tiba masalah himpunan kembali terngiang-ngiang di kepala saya.. tapi saya lagi pengen berteori… ehem..
jadi, mari kita mulai :p

masih inget kan sama himpunan matematika?
kalau lupa, mari saya ingatkan kembali…

DEFINISI
Himpunan adalah segala koleksi benda-benda tertentu yang dianggap sebagai satu kesatuan. Teori himpunan baru diciptakan pada akhir abad ke-19, la la la la la… bisa dibuka di wikipedia

okei, menuju Himpunan Semesta
Himpunan semesta adalah kumpulan dari semua elemen yang sedang dibicarakan, himpunan semesta digambarkan dalam diagram Venn dengan bentuk persegi seperti ini

gambar diatas berarti S adalah himpunan semesta yang berisi A,B,C,D,E,F,G,H,I,J
atau bisa ditulis S = {A,B,C,D,E,F,G,H,I,J}
contohnya:
S adalah himpunan semua orang didunia, atau bisa kita tulis S={x|x adalah semua orang didunia}
tentunya S itu berisi saya, kamu, dia, tetangga saya, tukang martabak di belokan rumah saya, supir angkot yang kemaren mogok, kecengan kamu yang baru aja nikah, dan lain sebagainya yang ga akan abis-abis saya jabarin.

untuk simplikasi masalah, marilah kita gambarkan semesta ini (seperti halnya semua orang yang lagi kasmaran) hanya berisi saya dan kamu,sayang (disini “kamu,sayang” adalah suatu kesatuan).
maka himpunannya kemudian dapat digambarkan seperti

dengan A adalah semua elemen saya, dan tentunya saya adalah real; dan B adalah semua elemen kamu,sayang, yang tentunya saya harap juga real.

Saya sudah menggambarkan bahwa S={A,B}; bahwa di dalam semesta ini hanya ada saya dan kamu,sayang. Tetapi belum menggambarkan operasi diantara saya dan kamu,sayang.

Saat ini saya hanya akan membahas 2 operasi saja, Irisan dan Gabungan.

IRISAN himpunan A dan B adalah suatu himpunan yang anggotanya merupakan anggota himpunan A dan sekaligus merupakan anggota himpunan B

JADiii apabila C adalah irisan diantara saya dan kamu,sayang. Artinya C adalah elemen saya yang juga merupakan elemen kamu,sayang; dan itu juga berarti elemen kamu,sayang yang juga merupakan elemen saya.

sedangkan GABUNGAN himpunan A dan B adalah suatu himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota A saja, anggota B saja, dan anggota persekutuan A dan B.

JADiiii apabila C adalah gabungan diantara saya dan kamu,sayang. Artinya C bisa berarti elemen kamu,sayang; elemen saya; atau elemen saya yang juga merupakan elemen kamu,sayang.

Lalu… kalau C itu kita, operasi apa yang terjadi antara saya dan kamu,sayang?
menurut saya itu irisan… ya..

kita adalah irisan saya dan kamu,sayang

bukan.. bukan gabungan… menurutmu itu gabungan?
menurutmu saya gabungan kamu,sayang adalah kita?
jadi walaupun seperti diagram ini, arsiran tersebut adalah kita?

kita adalah semua elemen saya dan semua elemen kamu,sayang; tanpa ada elemen saya yang juga elemen kamu,sayang; dan elemen kamu,sayang yang juga elemen saya?

bukan.. bukan.. kita adalah irisan.. kita adalah irisan.. bukankah irisan juga bisa berbentuk seperti ini?

wajar toh kalau tidak semua elemen saya menjadi elemen kita, dan saya bisa terima kalau tidak semua elemen kamu,sayang menjadi elemen kita. Mari definisikan elemen sisa itu sebagai elemen masa lalu saya dan elemen masa lalu kamu,sayang.

Sehingga:
A = {masa lalu saya, kita}
B = {masa lalu kamu,sayang, kita}, dan
C = {kita}… sekarang… dan seterusnya

selamat menikah kamu dan kamu, semoga bahagia terus dan punya banyak anak cucu (masih banyak negara yang angka pertumbuhan penduduknya minus kok :p)

.
.
.
dan buat kamu,sayang…
mari kita belajar matematika yang dasar saja
seperti kata Glenn Medeiros, Me minus you equals blue

19 thoughts on “mari belajar himpunan

  1. gambar pertama mirip sama tactic-board pelatih sepakbola😛

    btw, metafora nan keren, berbau matematis padahal urusan percintaan😛

    sepakat saja soal penyatuan perbedaan menjadi keragaman dalam satu entitas diwakili oleh IRISAN! karena irisan = C = Cinta! :”>

  2. @hahn
    makasih udah mampir🙂

    @restlessangel
    muhahaha.. jangan dipikirin mbak, itu saya lagi meracau saja adanya… hihihi
    selamat untuk keduanya🙂

    @Kurotsuchi
    kurang gambar gawang ya, biar gambar pertama jadi tactic-board :p
    hihi.. ga nyadar kalo irisannya itu C = Cinta.. ;))

  3. kemarin saya baca di kaskus mengenai ciri-ciri calon ilmuwan. selain botak, juga ribet.. seperti ini; mau ngomong met nikah aja kok ribet pake teori himpunan segala..:mrgreen:

    LOL

    jadi, kapan nyusul nih, tante?:mrgreen:

  4. ah kamu…pokoknya kutunggu di bakmi jogja bengawan dan berlanjut ke kopi progo merayakan kebahagian sahabatmu ini…selesaikan thesismu dan cepat pulang nak…toyota rush hitam dan rumah tipe 60 telah kudoakan secepatnya dikirim untukmu…:D

  5. Best gift. Ever. *nyusut ingus*

    Trimakasih pelajarannya ya neng… Masih perlu ngulang2 terus nih, biar tambah pinter dan sopistiketid. Halah.

    Cepet pulang ya neng… Tanen! \(^_^)/
    Cups mwah mwah!

    ____
    jugaaaa😀
    doakan saya…

  6. Pass banget nih om kita harus saling berbagi.. Ada yang mau Gorengan?? Ni ane punya’ ni… hehehe.. Biar semangat!!

  7. masih bingung sama himpunani nih saya😀,soalnya kurikulum sd sama smp beda😀,terus himpunan ga ada perkalian sama pembagian.
    sama simbol – simbol himpunany juga belum ngerti nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s