2014 – Unyil’s first word

2014 adalah tahun pertama yang dibuka dengan ulang tahun si unyil, di tahun ini saya mencoba untuk membangun tradisi keluarga “ke kebun binatang, setiap kali si unyil ulang tahun”

Tidak banyak kejadian menggemparkan di keluarga kami tahun ini, kecuali ketika adik saya wisuda di bulan Mei, dan ketika si Unyil bertemu sepupu jauhnya di awal bulan Desember. Kejadian besar sesungguhnya adalah yang terjadi pada diri si Unyil itu sendiri : 2014 adalah tahun si Unyil belajar bicara

ini adalah tahun dimana saya akhirnya mendengar sebutan “bu-bu” dari mulut kecilnya yang manyun, setelah sebelumnya dipanggil dengan sebutan nen-nen
ini adalah tahun dimana unyil mulai saya perkenalkan pada susu sapi, dan mengetahui bahwa “tu-tu bu-bu” (susu bubu) itu lebih enak daripada “tu-tu moo” (susu sapi)
ini adalah tahun dimana unyil mengenal kata “enggak”, dan bilang enggak untuk semua hal
ini adalah tahun dimana saya dibikin pusing kepala atas kelakuan dan drama-drama kecilnya,
ini adalah tahun dimana saya terkagum-kagum dengan kemampuan berkomunikasi si Unyil, dengan kosakata dan kemampuan bicara yang masih terbatas, si Unyil sudah bisa bercerita, dan bisa menceritakan kembali apa yang baru kami lakukan
dan ingatannya luar biasa!

ini adalah tahun dimana saya kembali belajar dari dari si makhluk kecil,
belajar untuk bersabar
untuk mendengarkan
untuk tidak egois
untuk tegas
untuk penuh kasih sayang

yah, 2014 adalah tahun si Unyil belajar bicara
dan saya belajar mendengar

dan mencoba mengerti

2 thoughts on “2014 – Unyil’s first word

  1. well, another great thing happen to me adalah saya lolos LPDP (I should make a post on this)
    jadi, 2015.. please be nice
    karena saya harap 2015 adalah tahun dimana si Unyil belajar bahasa inggris :p

Tinggalkan Balasan

