on LPDP Scholarship

postingan ini buat kamu yang bilang pengen sekolah lagi, tapi ga pernah apply apapun…

why did I applied LPDP?

Kalau ditanya kenapa saya akhirnya apply LPDP.
Jawabannya karena saya sirik.
Sirik karena temen saya bisa dapet beasiswa untuk S2 di UK.
Sirik karena temen saya selalu cerita kalau dia apply beasiswa, tapi ga pernah saya pedulikan.
Sirik karena temen saya berhasil mencapai impiannya, dan saya cuman bengong.
Sirik karena saya nyesel, kenapa selama ini saya ga pernah usaha.

Saya selalu pengen kuliah lagi, PhD, tapi saya selalu ga PD karena saya merasa S2 saya ga in-line.
Pilihannya, lanjut ke program studi S-2 yang sangat ilmu sosial dan ga terlalu saya suka, atau kembali ke program studi S-1 yang sangat saya enjoy-i dan sejalan dengan kerjaan saya.
Hal inilah yang selalu menjadi latar belakang saya untuk tidak cari-cari sekolah lagi.
kira-kira bentuk alasannya kaya gini:

“ga tau nih, pengen.. tapi kan S2 saya ga nyambung, emang bisa dapet beasiswa”, atau
“saya S2 lagi apa ya? tapi kan saya udah pernah S2, emang bisa dapat beasiswa?”, atau
“pengen sih sekolah lagi, tapi kan udah ada keluarga, emang bisa dapat beasiswa?”

tapi kan ini.. tapi kan itu..
itu adalah DENIAL
itu kaya’ kamu cari legitimasi atas sesuatu yang tidak bisa kamu capai
itu kaya’ kamu pengen dibilang hebat tapi ga mau usaha
terus? did reasoning make you SOMEONE? Apakah dengan mencari alasan, terus tiba-tiba ada orang yang iba, dan bilang “ah, kasian kamu.. inih duit, sana sekolah lagi..”

Berawal dari sirik, kemudian saya betul-betul mencari sekolah dan beasiswa..
Ternyata..
kalo kamu usaha.. kalo kamu mencari.. ada lho jalannya..
buktinya teman saya ada yang dapat beasiswa untuk S2 lagi
buktinya UK dan USA adalah salah dua negara yang mau menerima PhD dari Bachelor
buktinya saya diterima di UK untuk ambil PhD

Ternyata…
yang diperlukan hanya niat yang sungguh-sungguh.
All the reasons that you’ve made, hanya membuktikan kalau niat kamu belum tulus.

Di bulan November saya apply LPDP (tahap IV 2014)

Pengumuman administrasi : 26 November
Nama saya ga ada di list
Artinya, saya ga lolos seleksi administrasi
Artinya, harapan saya untuk S3 byubyar. hancur. kandas.
Rasanya sedih.. sediiih banget
Dan kalau kaya gini, semua reasoning kembali bermunculan

lalu 28 November, tepat di hari ulang tahun,
saya mendapat email : [Kep-151] Hasil seleksi Administrasi
Dan nama saya ada!
Saya lolos seleksi administrasi!
Perasaan saya? Galau!
Galau, karena saya keburu mencari reasoning bahwa memang saya belum harus sekolah lagi
Galau, karena saya keburu mencari reasoning bahwa kantor saya membutuhkan saya *pret*
Galau, karena saya menjadi kembali tidak yakin bahwa PhD adalah jalan hidup saya *ye rite*
Galau, karena saya lupa ini adalah bagian dari skenario Tuhan
Proses sempat ga lulus itu membuat saya laid back, rethink about everything, dan menyerahkannya pada Yang Maha Kuasa
Proses sempet ga lulus itu yang meyakinkan saya bahwa saya MAU sekolah lagi
Proses sempat ga lulus itu yang mengingatkan saya untuk selalu meng-include diriNya dalam setiap langkah saya

PAMUNGKASNYA : 24 Desember : Pengumuman Seleksi Wawancara
nama saya tercantum diantara 76 calon doktor lainnya
Alhamdulillah
Sebuah jalan baru, terbentang di hadapan saya.

dan semua proses ini, hanya berawal dari NIAT dan USAHA

Saya percaya, bahwa kesempatan ini adalah salah satu dari banyak jalan yang dihamparkan-Nya di depan saya.
Dan saya percaya, bahwa dengan NIAT dan USAHA, Insya Allah saya bisa menyelesaikannya dengan sempurna.

dan semoga kelak ketika Kau tanya “ilmumu kau gunakan untuk apa?”, saya juga dapat menjawabnya dengan baik.

2014 – Unyil’s first word

2014 adalah tahun pertama yang dibuka dengan ulang tahun si unyil, di tahun ini saya mencoba untuk membangun tradisi keluarga “ke kebun binatang, setiap kali si unyil ulang tahun”

Tidak banyak kejadian menggemparkan di keluarga kami tahun ini, kecuali ketika adik saya wisuda di bulan Mei, dan ketika si Unyil bertemu sepupu jauhnya di awal bulan Desember. Kejadian besar sesungguhnya adalah yang terjadi pada diri si Unyil itu sendiri : 2014 adalah tahun si Unyil belajar bicara

ini adalah tahun dimana saya akhirnya mendengar sebutan “bu-bu” dari mulut kecilnya yang manyun, setelah sebelumnya dipanggil dengan sebutan nen-nen
ini adalah tahun dimana unyil mulai saya perkenalkan pada susu sapi, dan mengetahui bahwa “tu-tu bu-bu” (susu bubu) itu lebih enak daripada “tu-tu moo” (susu sapi)
ini adalah tahun dimana unyil mengenal kata “enggak”, dan bilang enggak untuk semua hal
ini adalah tahun dimana saya dibikin pusing kepala atas kelakuan dan drama-drama kecilnya,
ini adalah tahun dimana saya terkagum-kagum dengan kemampuan berkomunikasi si Unyil, dengan kosakata dan kemampuan bicara yang masih terbatas, si Unyil sudah bisa bercerita, dan bisa menceritakan kembali apa yang baru kami lakukan
dan ingatannya luar biasa!

ini adalah tahun dimana saya kembali belajar dari dari si makhluk kecil,
belajar untuk bersabar
untuk mendengarkan
untuk tidak egois
untuk tegas
untuk penuh kasih sayang

yah, 2014 adalah tahun si Unyil belajar bicara
dan saya belajar mendengar

dan mencoba mengerti

sekedar pengingat untuk diri sendiri

Bermula dari obrolan dengan teman seputar capres, palestina, lalu cerita nabi.
lalu cerita mukzizat nabi.

segera terbersit.
“enak bener ya, jadi nabi”
“mau apa-apa juga tinggal minta sama Allah”
“ya Allah, pada kehausan orang-orang” kata Nabi Musa
“ya sudah, sana ketuk batu dengan tongkat”
lalu keluar air.

sekarang mana bisa
mana bisa dapet makanan gitu aja
mana bisa ngelawan musuh ribuan
mana bisa punya rumah
mana bisa ….
errr….
er….

kenapa ga bisa ya?
kenapa ga bisa minta sama Allah?
apa karena sudah bukan jaman nabi keperkasaan Allah berkurang?
apa karena jaman serba modern kemudian Allah ga punya kuasa lagi?

bukan keperkasaan Allah yang berkurang
iman saya yang kurang
saya yang terlalu sombong, dan lupa atas kuasa Allah
lupa kalau Allah pernah bilang pada Musa
“mintalah padaKu, walaupun untuk tali sepatumu”

happiness is not for sale

ah, bahagianya bisa tergelitik untuk nulis blog lagi.
bermula dari gambar ini, dan kemudian saya getek untuk ngomentarin.
boleh ya.. ya.. ya..
0c9479e18e5dc81149ee75efd5097c5c

gambarnya aja sih, OK.
tapi tulisannya saya ga setuju..
kenapa bisa menanggap sianak kecil yang jualan hati-hati itu ga bahagia. tau darimana dia ga bahagia?
apakah yang nulis itu merasa lebih bahagia?

menurut saya, kebahagiaan itu bukan sesuatu yang diperjual belikan
kebahagiaan itu sesuatu yang diciptakan oleh kita sendiri
dari rasa syukur
semakin kita bersyukur, semakin kita bahagia

lebihnya, kebahagiaan itu bukan sesuatu yang mengenal usia, status, apalagi materi
kebahagiaan itu milik setiap orang
kebahagiaan itu ga mesti muda foya-foya, tua kaya raya, dan mati masuk surga

kebahagiaan itu, bertemu matahari dipagi hari
kebahagiaan itu, berlari-lari sambil menangkap layang-layang lepas
kebahagiaan itu, bermain genangan air selepas hujan
kebahagiaan itu, bisa ngeblog lagi setelah sekian lama
kebahagiaan itu, senyuman atas semua anugrah Tuhan

rasa baru di 2013

Kalau saya dapat merangkum 2013 dalam satu kata, kata yang akan saya pilih adalah
“COMEBACK”
hahaha.. apeu banget ga katanya?
tapi 2013 adalah tahun dimana banyak hal terjadi kembali didalam hidup saya (dengan rasa baru tentunya).

dimulai dari tangisan bayi lelaki pada hari kesepuluh
saya tahu, bahwa mulai saat itulah kehidupan saya akan berubah 180 derajat
dan semua yang kembali terjadi dalam hidup saya, sebagian besar dipengaruhi oleh si bayi lelaki

lalu comeback#1
si bayi lelaki membuat saya kembali kerumah ibu saya. tempat tinggal saya selama saya melajang.
bedanya, sekarang itu adalah rumah ibu saya, dan bukan lagi rumah saya.
2 minggu dirumah ibu saya, membuat saya menyadari bahwa keluarga saya merupakan entitas yang berbeda, walaupun merupakan bagian, dari keluarga ibu saya.

lalu comeback#2
setelah 3 bulan menunggu, bertemu, dan bersama si bayi lelaki, saatnya saya kembali beraktifitas.
kembali ke kantor saya, dan meneruskan pekerjaan saya.
bedanya (dan ini adalah perbedaan yang sangat besar) saya tidak lagi cerdas!
saya harus melamun lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan, yang biasanya selesai hanya dalam hitungan menit.
beberapa bagian dari otak saya hibernasi. untuk jangka waktu yang cukup panjang.

lalu comeback#3
keluarnya si bayi lelaki, aktifitas tak kunjung henti bersamanya, dan tugas mulia seorang ibu sebagai sumber makanan.
membuat timbangan saya kembali! hahahaha
bedanya? tentu saja bekas operasi, perut yang jadi ajaib, dan beberapa bagian tubuh lainnya yang tidak bisa lagi disebut “normal”

lalu comeback#4
HP lama saya diambil orang, lalu saya kembali harus beli HP baru (yaaay!)
si bayi lelaki, tentunya mempengaruhi jenis HP yang saya pilih. ya sudahlah, tak perlu kita bahas yang ini.

lalu comeback#5
pekerjaan saya membawa saya kembali ke Eropa. ga lama. cuman seminggu.
bedanya, Eropa ga lagi semenarik dan seindah dulu.
Kalau dulu malem-malem keluyuran ngeliat kota, sekarang malem-malem ngeliatin apdetan poto si bayi lelaki, sambil me-maintain supply makanan si bayi lelaki.

lalu comeback#6
penutup tahun, saya kembali ke Pantai (akhirnya! setelah mengidam cukup lama).
bedanya? sekarang si bayi lelaki ikut ke pantai. ikut mainan pasir. ikut berenang.
bedanya lagi? kalau dulu jalan-jalan yang penting seru dan murah, kalau sekarang yang penting nyaman, dengan bawaan segambreng, dan rasa capek yang ngedobel :P

2013, rasa baru!
2014, rasa apa ya?

cita-cita… punya siapa?

saya mau jadi astronot. juga pengen jadi kasir.

dua cita-cita (kalau bisa dikatakan begitu) yang tidak seiringan.
ya iyalah tidak seiringan, setidaknya sampe sekarang belum ada supermarket (atau tukang bakso) di luar angkasa yang mana saya bisa nyambi sebagai kasir.
nanti kalau minimal di International Space Station ada yang buka warung dan jualan kopi sachet instant, kaya warung kejujuran yang ada di ruangan kantor saya, baru cita-cita saya itu bisa dibilang akan ada titik temu.

terus kenapa saya pengen jadi astronot?

adalah sebuah cerita dimasa kecil *lalu flashback*. (sebuah ruangan berdinding putih, seorang anak kecil keriting item dengan muka sok tau yang culun duduk menghadap meja bertaplak putih ditemani seorang psikolog yang membawa karton berisi gambar-gambar)
saya kecil sedang mengikuti tes psikologi. pada tes kali itu, saya diperlihatkan bermacam-macam gambar mode transportasi dan disuruh menebak mana yang kecepatannya paling rendah dan mana yang paling tinggi. saya kecil yang belum mengenal roket saat itu, terbengong-bengong melihat sebuah gambar lonjong dengan cucut diujungnya. dan ketika dihadapkan dengan pertanyaan
“mana yang lebih cepat, ini (pesawat) atau ini (roket)?”
Dengan yakinnya saya menunjuk pesawat, yang dijawab dengan gelengan kepala.
Selesainya, saya langsung mengkonfirmasikan pada ayah (satu sosok yang merupakan ensiklopedia hidup buat saya). Dan dimulailah pelajaran tentang luar angkasa, bintang, planet-planet, dan manusia yang berkelana diantaranya. ASTRONOT. yak! saya mau jadi astronot!

terus kenapa kasir?

mungkin itu adalah sebuah pekerjaan yang membuat saya terpana. terpana melihat kelihaian mbak-mbak memencet-mencet keyboard, memasukan kode-kode, yang disambut dengan bunyi “pip” “pip”
“cklek klek klek klek klek klek pip klek klek klek cekcekceklek klek pip pip pip klek pip klek, semuanya tiga ribu lima ratus” “uangnya lima ribu ya, cklek klek klek klek pip jgreg *pintu uang terbuka* sep sep sep klek klek cretek *nutup pintu uang*, pripipipipipipipipit. *ngerobek kertas nota* kembaliannya seribu lima ratus. terima kasih.”
WOW BANGET!
nada-nada yang merdu buat saya saat itu. dan dimulailah permainan menjadi kasir dengan bantuan kalkulator tukang daging milik ibu saya.

lalu bagaimana arah hidup saya? apakah jalur hidup saya itu berjalan karena cita-cita saya?

selepas SMU, saya galau mau melanjutkan kemana.
matematika dan teknik mesin jadi pilihan saya. kenapa? karena saya jatuh cinta pada matematika *geek!* dan teknik mesin berkesan keren ajah buat perempuan. hahaha. dan keduanya ga ada hubungannya dengan astronot, apalagi kasir!
tapi lalu ibu saya mencoret impian saya untuk masuk matematika, karena seorang sepupu yang adalah mahasiswa matematika menggunakan penggaris untuk memotong kue brownies buatannya. hahaha…
dan meminta saya untuk memilih informatika. dan atas dasar “takut tidak mendapat restu orang tua”, saya pun memilih informatika sebagai pilihan pertama, dan kedua… tentunya tidak boleh matematika.. lalu teknik mesin? gila aja, passing grade-nya ga jauh dari informatika.
setelah membulak-balik daftar jurusan, akhirnya mata saya tertuju pada teknik penerbangan.
apapun itu, terdengar keren! dan menclok lah saya di jurusan tersebut dengan nomer urut 41.

lalu mana astronot? mana kasir nya? dan mana usaha saya menggapai keduanya?
jurusan, saya pilih karena “keren”. universitas, adalah kasih tak sampai ibu saya.
kuliah. lulus. kerja.

lalu S-2. jurusan, karena ada beasiswa dan iming-iming keluar negeri. universitas, kembali ke kampus lama.
apakah S-2 saya karena astronot? atau kasir? atau ada yang ingin anaknya S-2?
saat itu, saya punya alasan saya sendiri. yang cukup menjanjikan, keren, dan valid menurut saya.

tapi kemudian saya berfikir…
apakah saya mau S-2 karena saya mau S-2, atau saya mau S-2 karena selalu diingatkan untuk S-2?
yang pasti S-2 itu tidak ada hubungannya dengan astronot. apalagi kasir.
lalu keinginan untuk sekolah lagi itu kenapa?
karena saya mau? atau saya mau karena ada yang mau? atau saya mau karena saya selalu diingatkan untuk mau?

lalu saya disini sekarang. seperti ini.
tentu saja bukan semuanya saya.
saya.
cita-cita saya.
hidup saya.
apakah itu saya?
.
.
.
#lagi-lagi sebuah pemikiran yang didorong oleh kehadiran Unyil.
Mau dibawa kemana hidup Unyil.
Goresan apa yang akan saya gambarkan pada diri Unyil.
Cita-cita apa yang akan saya kenalkan pada Unyil.

Seperti pertanyaan seorang teman ketika Unyil baru tiba di muka bumi.
“nama anak loe siapa? cita-citanya apa?”. ya kali, cita-cita harus ditulis di akte kelahiran!

Kean102

Senyum-senyum sendiri
Ngelamun
Rasanya kaya Jatuh Cinta lagi (dan memang iyah)
pengen teriak sama dunia,
ngomongin kesemua orang,
sambil mamerin potonya

Nelepon cuman buat nanya “sudah makan apa belum?”
“lagi apa?” “seharian ngapain aja?”
Rasanya kaya punya Pacar Baru
ngegodain biar disenyumin
terus ngakak bareng

kebayang terus matanya
senyumnya
suaranya
teriaknya

ah.. Unyil
you surely colour my world